Dinas PU-ESD Ditekankan Untuk Tingkatkan Pemeliharaan

Sebaik apapun hasil sebuah pembangunan, baik itu pembangunan fisik maupun non fisik tidak akan bisa lestari bila tidak dikawal oleh pemeliharaan. Demikian disampikan Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPRD terkait Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Akhir Tahun 2015 Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Mas`ud, Jumat (8/4) 2016 lalu yang ditujukan kepada PU-ESDM Lombok Tengah.

H. L.Mas'ud

H. L.Mas’ud

Dari sisi pembangunan fisik lanjut Lalu Mas`ud, pemeliharaan itu sangat ditekankan kepada pihak PU-ESDM terutama berkaitan dengan seluruh jalan yang sudah dibangun. Mengingat jalan-jalan kabupaten rata-rata berada didesa-desa dan pelosok yang ada dan menembus segala macam jenis tanah yang ada.”Kita ketahui kalau sudah masuk desa dan persawahan, disana banyak tanah liat yang kalau tidak dipelihara maka jalan akan cepat rusak,”katanya.

Hal lainya yang ditekankan kepada PU-ESDM lanjut Lalu Mas`ud, terkait dengan jalan kabupaten dibeberapa titik yang hingga saat ini belum tersentuh perbaikan yang lebih baik. Sehingga dari 700 km jalan kabupaten yang ada, bagian ruas jalan yang rusak tidak terlalu banyak dan bahkan bisa mencapai 0 persen rusak.”Jalan-jalan itu harus dijadikan sebagai jalan skala prioritas untuk diperbaiki dan dimasukkan dalam target setiap tahun,”imbuhnya.

Dalam proses perencanaan dan pengerjaan lanjut Lalu Mas`ud juga penting untuk ditingkatkan agar hasil dari pembangunan fisik itu berkwalitas dan sesuai dengan keinginan masyarakat.

Mengenai jalan-jalan yang ada didesa dan itu menjadi tufoksi desa lanjut Lalu Mas`ud, harus diperhatikan juga oleh desa untuk menjadi prioritas perbaikan. Desa diminta untuk tidak berharap agar tugas-tugas desa itu dinilai leh kabupaten dan apa yang menjadi tufoksi desa diserahkan ke Kabupaten.”Dimana kita ketahui bersama, didesa itu sudah ada anggaran yang memang diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur,”terangnya.

Apa yang disampaikanya itu lanjut Lalu Mas`ud, disampaikan pada rapat Pansus LKPJ Akhir tahun 2015 dengan pihak PU-ESDM beberapa waktu lalu. Pansus itu sudah bekerja sejak 7 hari yang lalu dan semua anggota pansus datang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan setiap harinya.”Saya sebagai ketua pasnsus, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua anggota karena terus semangat melaksanakan tugas ini,”pungkasnya.|*