Pemda Harus Perjelas Keberadaan Asset

Sebidang lahan yang dikenal sebagai lahan milik kelurahan, yang selama ini dijadikan lapangan oleh warga dan pemuda Kelurahan Leneng Praya, kini jadi kontroversi. Karena seseorang mengklaim kalau lahan itu adalah miliknya secara pribadi.
Suhaimi, SH

Suhaimi, SH

Salah seorang anggota Komisi I DPRD Lombok Tengah, Suhaimi,SH yang biasanya cepat dan tanggap memberikan solusi agar aset daerah tidak jatuh ketangan orang lain, kini menjadi was-was. Apalagi dari Bagian Aset Daerah menyatakan kalau belum menemukan document terkait dengan lahan tersebut. “Saya khawatir pernyataan Kabag Aset dalam hearing senin kemarin akan membuat gaduh,”Katanya.

Untuk itu lanjut Suhaimi, pemerintah daerah harus bisa menelusuri dan memperjelas keberadaan lahan milik pemerintah daerah itu dengan diperkuat berbagai dokumen yang harus dimiliki layaknya sebuah aset. Karena asumsi semua orang lahan itu jelas milik pemerintah daerah.”Bagian aset mau tidak mau harus mempertegas dan memberikan kekuatan atas status lahan yang sesungguhnya milik pemerintah daerah tersebut,”Tandasnya.
Yang aneh ungkap Suhaimi, Surat Keputusan (SK) terhadap lahan yang kenal sebagai Lapangan Umum Kelurahan Leneng  dan sejumlah lahan lainya diperuntukkan untuk anggota DPRD dan Pegawai Negeri Sipil (PNS). “Melihat dari SK ini sudah salah, karena yang paling atas mendapat tanah adalah DRS.HL.Suahimi, bukan PNS maupun anggota dewan,”Ungkapnya.
Kalau berandai-andai lanjut Suhaimi, bila ingin memeriksa lahan yang di Panjisari yang juga salah satu lahan yang statusnya sama dengan lahan Lapangan Leneng tersebut, maka bisa dimulai dari melihat SK yang saat ini sudah dimiliki banyak pihak termasuk dirinya tersebut.”Ini kok tanah-tanah itu dibagi ke forkopinda yang terdahulu. Ini harus diperjelas sama sekda yang baru,”Imbuhnya.
Hal itu tambah Suhaimi menjadi pertanyaan dirinya, ada tanah yang justeru kesanya dibagi-bagi kesejumlah pihak. Dan hal itu menambah aneh lagi karena SK itu tidak ada tembusanya ke Inspektorat, akibatnya pihak inspektorat tidak menhetahui hal tersebut.”Saat ini seperti yang diakui pak inspektur sedang berusaha untuk mencari tahu hal itu. Maka harus secepatnya jelas lahan ini,”Pungkas Suhaimi. (ding)
Rate this article!