Berita

DPRD Lombok Tengah Kembali Menggelar Sidang Paripurna
Blog Single

DPRD Lombok Tengah Kembali Menggelar Sidang Paripurna



PRAYA-Bertempat di Ruang sidang Paripurna, DPRD Kabupaten Lombok Tengah kembali adakan Paripurna dengan agenda Penyampaian Laporan Badan Anggaran terhadap hasil Pembahasan Rancangan  Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas  dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD T.A 2024 serta Penyampaian Penjelasan Kepala Daerah terhadap Rancangan Perubahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas  dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD T.A 2023 pada Kamis 3 Agustus 2023.
Rapat yang diselenggarakan di ruang sidang paripurna DPRD tersebut, dipimpin oleh Ketua DPRD M.Tauhid,S.IP dan dihadiri Bupati Lombok Tengah. H.Lalu Pathul Bahri S.IP, forkopimda, para wakil ketua DPRD dan anggota serta para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) kabupaten Lombok Tengah.
Dalam laporannya yang dibacakan Lege Warman bahwa sesuai ketentuan peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah, disebutkan bahwa rancangan kua dan ppas disampaikan kepada dprd paling lambat minggu kedua juli dan disepakati bersama paling lambat minggu kedua agustus. maka sesuai dengan jadwal yang telah tertuang dalam keputusan pimpinan nomor 3 tentang perubahan dan penetapan jadwal kegiatan dprd masa persidangan ketiga tahun sidang 2022-2023 sebagaimana telah diubah dengan keputusan pimpinan dprd nomor 4 tahun 2023, bupati lombok tengah telah menyampaikan dokumen serta penjelasan tentang rancangan kua dan ppas apbd tahun anggaran 2024 pada minggu kedua juli atau tepatnya tanggal 12 juli yang lalu.
selanjutnya, badan anggaran dprd telah ditugaskan untuk membahas rancangan kua-ppas tersebut sejak tanggal 20 juli sampai dengan 2 agustus 2023, dan insya allah pada hari ini kamis 3 agustus 2023, badan anggaran akan menyampaikan laporan hasil pembahasannya. hal ini patut kita syukuri bersama, mengingat rancangan kua ppas apbd 2024 ini, insya allah dapat kita sepakati 2 minggu lebih awal dari tenggat waktu yang telah digariskan oleh peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah.
hal ini tidak terlepas adanya kerja sama dan komunikasi yang baik sehingga melahirkan hubungan yang harmonis antara pemerintah daerah dan dprd selaku penyelenggara pemerintahan daerah dalam ikhtiar bersama mewujudkan tujuan pembangunan daerah yang berkelanjutan serta mensejahterakan masyarakat di bumi tatas tuhu trasna, yang sama sama kita cintai ini pungkasnya.
Sementara itu bupati Dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung atas telah terselenggaranya agenda tahunan kegiatan rahman rahim day yang tahun ini jatuh pada hari jum’at tanggal 28 juli 2023 atau bertepatan dengan tanggal 10 muharram 1445 hijriyah beberapa hari yang lalu. pada kegiatan tersebut, pemerintah kabupaten lombok tengah berkolaborasi dengan baznas dan yayasan peduli yatim piatu dan dhuafa tersenyum membagikan santunan kepada sebanyak ± 1.200 anak yatim/piatu. dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan pula penandatanganan fakta integritas bagi anak yatim calon mahasiswa baru fakultas kedokteran universitas mataram melalui jalur prestasi tahfidz al-quran sebanyak 5 orang. Dan tak lupa juga saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh anggota badan anggaran dprd kabupaten lombok tengah dan tim anggaran pemerintah daerah kabupaten lombok tengah yang melaksanakan pembahasan bersama rancangan kebijakan umum apbd serta prioritas dan plafon anggaran sementara apbd kabupaten lombok tengah tahun anggaran 2024 tentunya dengan berbagai dinamika yang terjadi dalam proses pembahasannya. semangat kebersamaan dan nilai-nilai harmonisasi antara legislatif dan eksekutif yang telah terbangun selama ini, mudah-mudahan senantiasa terjaga dan tetap tercipta sinergi bersama dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat lombok tengah.lebih lanjut Bupati juga menyampakan gambaran umum perekonomian nasional diperkirakan masih terus terjaga, khususnya ditopang oleh sisi konsumsi dengan tingkat inflasi yang diperkirakan tetap terkendali guna menjaga laju pertumbuhan konsumsi masyarakat.
berdasarkan perkembangan kondisi perekonomian global, domestik dan regional, maka asumsi makro yang digunakan dalam penyusunan perubahan apbd kabupaten lombok tengah tahun anggaran 2023 diantaranya yaitu ditetapkan target pertumbuhan ekonomi di angka 4,17 persen sampai 5,12 persen dan indeks pembangunan manusia sebesar 67,17 poin.
Selanjutnya dalam pidatonya Bupati menyampakan bahwa berdasarkan beberapa kebijakan perubahan perencanaan pendapatan daerah pada rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2023 yang telah dipaparkan sebelumnya, maka pendapatan daerah pada rancangan perubahan apbd tahun anggaran 2023 diproyeksikan mengalami peningkatan sebesar rp.20.408.914.393,59 (dua puluh milyar empat ratus delapan juta sembilan ratus empat belas ribu tiga ratus sembilan puluh tiga rupiah koma lima sembilan sen) dari target semula yang dianggarkan pada apbd induk tahun anggaran 2023 menjadi sebesar rp.2.331.427.361.290,58 (dua trilyun tiga ratus tiga puluh satu milyar empat ratus dua puluh tujuh juta tiga ratus enam puluh satu ribu dua ratus sembilan puluh rupiah koma lima delapan sen) dengan realisasi hingga 30 juni 2023 (semester i) sebesar rp.932.761.791.679,30 (sembilan ratus tiga puluh dua milyar tujuh ratus enam puluh satu juta tujuh ratus sembilan puluh satu ribu enam ratus tujuh puluh sembilan rupiah koma tiga nol sen) atau sebesar 40,36%.
//Humas dan Protokol setwan DPRD Lombok Tengah.




Related Posts: